Controller Game Khusus untuk Difabel : Game Adalah Hak Semua Manusia!

 

Sumber : https://www.freepik.com/

Individu Berkebutuhan Khusus (IBK) dan difabel memiliki keterbatasan dalam beberapa hal, sesuai dengan gangguan yang dimiliki. Untuk mereka yang mengalami gangguan motorik kesulitan dalam bergerak dan mengontrol sesuatu. Mereka kesulitan dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam bermain game.

Game merupakan salah satu alternatif hiburan bagi banyak orang. Dengan bermain game, kita seperti keluar dari dunia nyata dan bisa merasa bahagia. Selain itu, kita juga bisa mempelajari cara menyelesaikan problem. Namun sayangnya, para difabel mengalami kesulitan dalam mengakses game. 

Kabar baiknya..

Salah satu perusahaan produsen elektronik, Sony akan merilis controller PlayStation 5 khusus untuk para difabel. Hal ini diumumkan oleh Sony pada saat acara Consumer Technology Association (CES) 2023 pada Januari lalu.

Sony menyebut proyek ini dengan nama Project Leonardo, yang merupakan perangkat controller PlayStation 5 yang dirancang khusus agar bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan gamer difabel.

Meskipun tanggal rilis perangkat ini belum juga diumumkan, Sony berharap controller ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi para difabel saat bermain game.

Tak tanggung-tanggung, Sony mengembangkan perangkat ini bersama para ahli aksesibilitas, developer game, hingga melibatkan komunitas difabel. Upaya maksimal ini dilakukan untuk memastikan controller ini benar-benar dapat membantu para difabel.

Controller ini dirancang dengan tombol yang dapat diatur sesuai kebutuhan gamer. Pengguna juga dapat mengatur jarak antara stik analog dan game pad. Selain itu, Sony juga memberikan berbagai pilihan bentuk dan ukuran dari setiap tombol dan ujung stik analog.

Dengan Project Leonardo, Sony ingin membantu para gamer yang memiliki kesulitan dalam memegang controller dalam waktu yang lama, kesulitan dalam menekan tombol berukuran kecil, dan yang kesulitan memposisikan jarinya pada controller standar.

Adakah Controller Lain yang Dikhususkan untuk Difabel?

Jawabannya ada. Berikut adalah diantara controller game yang telah dirilis khusus untuk para difabel.

1.Xbox Adaptive Controller

Microsoft merilis controller ini pada September 2018 lalu. Perangkat ini dirancang untuk mereka yang kesulitan memegang controller menggunakan dua tangan. 

Sumber : https://www.cbc.ca

2. QuadStick

Controller ini sangat unik, karena bisa dioperasikan menggunakan mulut dan suara. Perangkat ini dirancang untuk mereka yang memiliki keterbatasan gerak atau mengalami lumpuh. Perangkat ini memiliki sensor bibir, tiupan, dan isapan yang nantinya akan diubah menjadi gerakan di dalam game. Controller ini bisa digunakan di PC, PlayStation 3, Xbox 360, serta Xbox One.

Sumber : https://newmobility.com

3. Controller Guitar Hero

Controller yang biasa kita lihat untuk Guitar Hero pastinya berbentuk seperti gitar. Namun yang satu ini berbentuk pedal yang dapat menggerakkan controller gitar. Hal ini bertujuan memudahkan mereka yang kesulitan menggerakkan tangannya.

Sumber : https://www.benheck.com/

Penutup

Game adalah hak setiap manusia. Hal inilah yang menginspirasi para developer untuk menciptakan controller khusus difabel agar mereka dapat lebih mudah dan nyaman saat bermain game.

Semoga selanjutnya bidang lain juga dapat menciptakan inovasi perangkat yang dapat digunakan oleh IBK dan difabel.

Referensi

9 Controller Video Game untuk Difabel, karena Ngegame Hak Semua Orang! - Idtimes

Sony Rilis Controller PS5 untuk Gamer Difabel - Disabilitas Liputan6.com

Sony Ungkap Project Leonardo, Controller PS5 untuk Gamer - DifabelHybrid.co.id

Bagikan artikel ini:

Facebook WhatsApp